PERBEDAAN PROSESOR PENTIUM 4,CELERON,DUAL CORE,CORE 2 DUO

PERBEDAAN PROSESOR P4,CELERON DUAL CORE,CORE 2 DUO


Processor desktop Intel dibagi 3 family:
1. Intel Pentium Processor Family
2. Intel Core Processor Family
3. Intel Celeron Family

Nah karena intel celeron udah jelas, coba dibahas no.1 dan no.2 aja yah..
1. Intel Pentium Processor Family, dibagi menjadi 5 yaitu :
  • Intel Pentium 4 HT
  • Intel Pentium 4 Extreme Edition HT
  • Intel Pentium D
  • Intel Pentium Extreme Edition
  • Intel Pentium Dual Core
* Intel P4 & P4 EE rasanya udah ga perlu dijelasin lagi, Willamette, Northwood, Prescott & CedarMill.
** Intel Pentium D menggunakan netburst architecture (arsitektur yang sama yang digunakan P4), satu CPU terdiri dari 2 die single core (Multi Chip Module), jadi Pentium D adalah semacam 2 processor P4 yang digabung jadi satu. Terdiri dari Smithfield dan Presler. Sedangkan Pentium Extreme edition adalah versi extreme edition dari Pentium D (Smithfield XE & Presler XE)
*** Intel Pentium Dual Core, untuk desktop mengacu pada processor Intel dengan kode E2xxx. Menggunakan core Allendale dengan yang menggunakan Intel Core Microarchitecture - arsitektur terbaru Intel kayaknya, CMIIW - Jadi Allendale digunakan pada 2 family processor Intel yaitu Intel Pentium Processor Family (E2xxx) dan Intel Core Processor Family (E4xxx)

2. Intel Core Processor Family, pada desktop processor dibagi menjadi 3 yaitu :
  • Core 2 Duo (C2D)
  • Core 2 Quad (C2Q)
  • Core 2 Extreme (C2X)
* Core 2 Duo menggunakan Intel Core Microarchitecture. Yang termasuk dalam C2D adalah Allendale (E4xxx), Conroe (E6xxx) dan Wolfdale (E8xxx). Perbedaaan ketiganya ada di L2Cache, FSB dan khusus untuk wolfdale menggunakan 45nm process technology.
** Core 2 Quad dapat dianalogikan seperti Pentium D, 1 CPU terdiri dari 2 die C2D. Yang termasuk dalam C2Q adalah Kentsfield (Q6xxx) dan Yorkfield (Q9xxx).
*** Core 2 Extreme adalah versi extreme dari Conroe (X6800), Kentsfield (X6xxx) dan Yorkfield (X9650 & X9675)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me

Followers

Copyright © 2012 FARUQ ERVIANTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.